Tes Psikotes Online, 7 Alasan HRD Wajib Kuasai Psikologi

Human Resource Development (HRD) memegang peran penting dalam sebuah perusahaan, lebih tepatnya dalam perekrutan SDM. Untuk itu, pekerjaan-pekerjaan yang mereka tangani berhubungan dengan karyawan. Dari membangun SDM, memberikan pelatihan, hingga menyelenggarakan tes psikotes online menggunakan platform.

Untuk menunjang tugas-tugas tersebut, Anda sebagai staf HRD pun wajib menguasai sejumlah kemampuan, baik soft skill maupun hard skill, salah satunya psikologi kepribadian. Lalu, apa saja yang membuat skill tersebut wajib dimiliki HRD?

Membantu penyelenggaraan psikotes (1)

Tanpa mengetahui psikologi kepribadian, sulit bagi staf HRD untuk melaksanakan serta mengolah hasil dari tes psikotes online. Apalagi sebagian besar perusahaan masih memprioritaskan aspek psikologi dari karyawan-karyawan yang direkrut agar mampu menghadapi berbagai situasi. Sebagai salah satu garda terdepan penyaringan SDM, HRD pun diharapkan mempunyai skill ini untuk menilai apakah kandidat yang dipilih memenuhi kriteria perusahaan atau belum.

Meminimalisir turnover karyawan sejak rekrutmen (2)

Turnover karyawan merupakan penggantian karyawan yang terjadi karena faktor tertentu yang mendorong SDM berhenti secara sukarela atau terpaksa. Walau hal ini normal terjadi, frekuensi turnover yang terlalu tinggi dapat jadi tanda dari buruknya manajemen SDM sebuah perusahaan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah melakukan rekrutmen sesuai prosedur dengan staf HRD yang kompeten dalam menilai kepribadian pelamar kerja.

Mendeteksi dan mengatur perilaku karyawan (3)

Mendeteksi perilaku karyawan sebenarnya dapat HRD lakukan sejak menerima tes psikotes online. Dari sini, Anda juga yang memahami psikologi kepribadian dengan baik pun harus meneruskannya dengan mengatur perilaku SDM di tempat kerja. Misalnya dengan mengubah karyawan yang selama ini memperlihatkan sikap menyimpang dan mengganggu rekan kerja. Pengarahan yang baik dan sesuai pun dinilai membantu HRD dalam melakukan tugas ini.

Mengembangkan SDM sebagai aset perusahaan (4)

Alasan berikutnya yang mengharuskan staf HRD mempelajari psikologi kepribadian adalah peran besar mereka dalam mengembangkan SDM. Pasalnya sebagai aset, karyawan amat mempengaruhi reputasi, profit, hingga masa depan perusahaan. Dengan data-data yang diperoleh, termasuk tes psikotes online, Anda dapat menentukan training dan pelatihan apa saja yang bisa diberikan agar skill SDM berkembang maksimal sesuai bidang mereka.

Mengevaluasi performa karyawan (5)

Evaluasi dalam hal ini dapat dilakukan saat perekrutan maupun saat karyawan sudah bekerja di perusahaan. Di tahap penyaringan, evaluasi mencakup wawancara, psikotes, dan tes lain yang akan membantu staf HRD mengambil keputusan. Sementara saat SDM sudah direkrut bekerja, evaluasi biasanya dilakukan melalui pemantauan berkala. Kadang kalau dibutuhkan, staf HRD memanggil karyawan-karyawan yang performanya bagus atau kurang untuk menggali informasi lebih dalam.

Membangun kerja sama tim (6)

Membentuk tim solid di perusahaan bukanlah perkara mudah, sebab setiap orang punya karakter berbeda yang bisa saja berbenturan saat dipertemukan. Staf HRD pun diterjunkan untuk mengamati karyawan mana saja yang dapat dibentuk jadi tim. Hasil dari tes psikotes online dalam hal ini sangat membantu mencocokkan kepribadian karyawan yang dapat membantu satu sama lain. Kalaupun ada potensi konflik, karyawan-karyawan dalam tim tersebut bisa cepat mengambil solusi.

Membuka sesi konseling untuk karyawan (7)

Alasan terakhir yang membuat penguasaan psikologi kepribadian begitu krusial untuk staf HRD adalah membantu Anda membuka sesi konseling bagi karyawan. Dengan skill tersebut, Anda yang bekerja di HRD dapat menolong SDM yang menghadapi kesulitan tanpa membuat pekerjaan keteteran. Lewat tes psikotes online yang sudah karyawan ikuti, Anda juga akan mudah memulai pendekatan supaya karyawan nyaman membagikan masalah yang mereka hadapi di kantor.

Menyimak alasan-alasan di atas, Anda bisa simpulkan pentingnya keberadaan staf HRD bagi karyawan maupun perusahaan. Sebagai orang yang bekerja di bidang ini pula Anda harus tahu platform yang dapat mengoptimalkan tugas-tugas pengembangan SDM.

Misalnya saja dengan menggunakan NS. Development, platform yang terbukti membantu banyak perusahaan untuk menyelenggarakan tes psikotes online. Selain menyediakan sistem terintegrasi, NS. Development juga menawarkan free trial yang dapat staf HRD manfaatkan untuk mengetahui apakah fitur mereka sesuai kriteria dan kebutuhan perusahaan untuk SDM.

Ingin menggunakan aplikasi psikotes Online? Hubung situs penyedia Aplikasi psikotes NS Development…!!!

Sumber Artikel